Siaran Pers

FIFGROUP Dorong UMKM Lewat Workshop Media Sosial

FINATRA
06 August 2024 | 11:49 WIB
  • Workshop UMKM Binaan FIFGROUP diikuti oleh peserta pelaku UMKM Binaan FIFGROUP
  • Media sosial sebagai platform dalam membangun strategi, mengelola keuangan dan pemasaran
  • Workshop UMKM Tahap 1 ini diharapkan dapat memberikan cakrawala dan gambaran baru serta suntikan semangat untuk seluruh pelaku UMKM Binaan FIFGROUP

Jakarta: Sebagai salah satu sektor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi signifikan terhadap kebangkitan ekonomi bangsa ini.


Sebagai langkah lanjutan sejak Kick Off UMKM yang digelar pada Juni 2024 lalu, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, dan bagian dari Astra Financial, menyelenggarakan UMKM Development Journey 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan menambah wawasan dalam bentuk workshop sebanyak 3 kali sepanjang 2024. Dan hari ini, Senin, 29 Juli 2024 merupakan workshop tahap pertama yang dilakukan.

Kegiatan itu dihadiri oleh para pelaku UMKM Binaan FIFGROUP yang telah memperoleh bantuan Dana Bergulir. Kegiatan tersebut mengusung tema “Meningkatkan Keuangan dan Pemasaran Melalui Media Sosial”. Workshop yang menggunakan online platform webinar ini mendatangkan pemateri yang merupakan Best Trainer dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) 2023, Muhammad Ashar.

Acara workshop dibuka dengan sambutan dari Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaremare. Charles mengatakan, “Untuk dapat tumbuh, UMKM sebaiknya membekali diri dengan berbagai macam wawasan agar usahanya tidak 'ketinggalan', terutama dengan pemahaman mendalam mengenai keuangan dan pemasaran melalui media sosial.”

Lanjut Charles, “Di era digital yang serba cepat ini, tantangan yang dihadapi UMKM semakin kompleks. Kehadiran media sosial telah mengubah lanskap bisnis, dan UMKM harus mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital ini untuk meningkatkan keuangan dan pemasaran mereka. Kegiatan workshop yang dilakukan hari ini merupakan upaya FIFGROUP dalam mendukung UMKM untuk dapat naik kelas dan menjadi UMKM yang terus dapat berkembang di tengah tantangan digital.”


Muhammad Ashar selaku pemateri memberikan banyak ilmu dan wawasan luas kepada seluruh peserta UMKM mengenai materi-materi dasar dari membangun usaha serta bagaimana meningkatkan pendapatannya melalui media sosial. 

“Sebagai UMKM, penting untuk memiliki strategi yang tepat dalam mengelola keuangan dan pemasaran. Media sosial bukan hanya alat untuk promosi, tetapi juga sarana untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Dengan memahami cara memanfaatkan platform digital ini, UMKM dapat menjangkau lebih banyak audiens, mengoptimalkan biaya pemasaran, dan akhirnya meningkatkan pendapatan mereka,” kata Ashar.

Workshop UMKM Tahap 1 ini diharapkan dapat memberikan cakrawala dan gambaran baru serta suntikan semangat untuk seluruh pelaku UMKM Binaan FIFGROUP agar mampu memanfaatkan media sosial secara optimal untuk meningkatkan branding dan pemasaran usahanya masing-masing.


Pengembangan UMKM

UMKM yang mengikuti workshop hari ini merupakan binaan yang telah menerima bantuan pemberian dana bergulir yang merupakan inisiatif perusahaan dalam memberikan kontribusi sosialnya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. Program ini sekaligus menjadi sarana pengembangan UMKM binaan FIFGROUP lewat beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.

Charles, dalam kesempatan yang sama mengatakan, dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), FIFGROUP memiliki 4 pilar yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera dan FIFGROUP Lestari. Dan pada tahun 2024 ini, FIFGROUP Sejahtera berfokus untuk membantu UMKM yang memiliki potensi di setiap titik network FIFGROUP untuk mengembakan usaha mereka dengan Program Dana Bergulir dan UMKM Development Journey.


“Dengan network FIFGROUP yang tersebar di seluruh titik di Indonesia, kami menargetkan agar program dana bergulir ini bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang di seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya pelaku UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, dan tentunya bisa naik kelas,” lanjut Charles.

Dana Bergulir FIFGROUP

Pada program ini, FIFGROUP menyalurkan bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah,yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat yang mengedepankan transparansi.

Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik. Pada tahun 2024 ini, sekitar Rp3,5 miliar dana sosial Syariah FIFGROUP disalurkan kepada 800 UMKM di 248 cabang FIFGROUP se-Indonesia.

Perjalanan UMKM binaan FIFGROUP bermula sejak 2016 dengan 26 UMKM dengan nominal bantuan Rp65 juta, kemudian dilanjutkan berurutan di 2017 terdapat 35 UMKM dengan nominal bantuan Rp124,5 juta, 2018 terdapat 67 UMKM dengan nominal bantuan Rp152,5 juta, 2019 terdapat 97 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp 298 juta, 2020 terdapat 54 UMKM dengan nominal bantuan Rp206,5 juta, 2021 terdapat 524 UMKM dengan nominal Rp1,4 miliar, 2022 sebanyak 600 UMKM dengan nominal Rp 2 miliar. Sehingga total dana yang digulirkan sejak 2016-2022, lebih dari Rp4,3 miliar kepada 1.403 pelaku UMKM. 

Sedangkan di tahun 2023, sebanyak 734 pelaku UMKM yang terdampak dengan total nominal dana yang digulirkan sebesar Rp2,68 Miliar. Sehingga total penerima bantuan dana bergulir (2016-2023) sebanyak 2.137 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp6,9 miliar. 

Tidak hanya bantuan dana tanpa bunga yang akan diterima oleh pelaku UMKM, melainkan dalam setahun ke depan terdapatpelatihan serta pendampingan dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan.

Tingkat pengembalian yang tinggi

Dalam kegiatan dana bergulir ini, FIFGROUP tetap memantau tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan. Target current rate adalah sebesar 93,5%, dan pencapaian UMKM FIFGROUP berada di angka 99,1%, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi. Dan dengan adanya tingkat pengembalian yang tinggi, maka artinya program Dana Bergulir ini bisa terus dilanjutkan ke tahun berikutnya.

FIFGROUP juga mengadakan program Repeat Order (RO) bagi setiap UMKM yang sehat, dengan diberikan kesempatan untuk mendapat dana pinjaman yang sama atau penambahan yang lebih besar dari sebelumnya.

UMKM yang diberikan Dana Bergulir dibagi menjadi beberapa bagian dengan jangka waktu cicilan minimal 10 bulan, 12 bulan, dan sampai maksimal 36 bulan. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • UMKM New Customer (Rp 2.000.000)
  • UMKM Repeat Order (RO) (Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000)
  • UMKM Yayasan (Rp 5.000.000 – Rp 25.000.000)

Dengan semangat dan kolaborasi yang kuat, FIFGROUP berharap program ini terus berlanjut dan membantu UMKM Indonesia tumbuh dan bersaing ditingkat global. Sebagai langkah tambahan, FIFGROUP juga membuat E-Catalog yang berisi profil usaha UMKM binaan untuk membantu penjualan secara online, baik internal maupun eksternal.

Program ini merupakan bentuk komitmen FIFGROUP dan Astra dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, sejalan dengan tujuan mereka untuk terus membantu UMKM naik kelas dan berkembang menjadi usaha yang sehat dan mandiri.

_____________

FIFGROUP gelar Workshop UMKM Tahap 1 bertajuk “Meningkatkan Keuangan dan Pemasaran Melalui Media Sosial”, pada Senin, 29 Juli 2024 melalui platform zoom online. Hadir membuka kegiatan workshop, yaitu Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaremare (kiri), dengan narasumber yaitu Sinergi Selaras Academy Director, Muhammad Ashar (tengah), dan master of ceremony (MC), Azizul Hakim (kanan).

Sesi sharing Workshop UMKM Tahap 1 bertajuk “Meningkatkan Keuangan dan Pemasaran Melalui Media Sosial”, yang dibawakan oleh Sinergi Selaras Academy Director, Muhammad Ashar di hadapan para pelaku UMKM pada Senin, 29 Juli 2024 melalui platform online. 

Sesi foto bersama jajaran manajemen dengan 116 peserta Workshop UMKM Tahap 1 yang berlangsung secara virtual pada Senin,29 Juli 2024..