Artikel

4 Tips Memilih Spek Laptop Terbaik yang Sesuai Kebutuhan

08 July 2022 | 14:45 WIB

Zaman sekarang untuk mengimbangi produktivitas, laptop menjadi gadget yang sangat dibutuhkan. Tak heran apabila daya beli terhadap laptop cukup tinggi di era modern. Bukan hanya untuk bekerja atau sekolah, sekedar untuk melakukan komunikasi pun gadget ini sangat berguna. Sebelum membeli Anda harus memperhatikan beberapa hal agar laptop benar-benar sesuaidengan kebutuhan. Simak 4 tips ini agar Anda memilih laptop yang tepat. 
 

Ketahui Kebutuhan Anda
Pertama ketahuilah kebutuhan Anda seperti apa, sehingga laptop yang akan dipilih benar-benar bermanfaat. 4 kategori berdasarkan kegunaan di bawah ini akan memudahkan Anda untukmempertimbangkan ketika memilih laptop kelak. 

- Laptop Sekolah
Biasanya Anda tidak memerlukan spesifikasi laptop khusus karena penggunaannya hanya untukbrowsing dan mengakses Microsoft Office. Sehingga laptop apapun dapat memenuhi kebutuhanuntuk sekolah.

- Laptop Kerja
Laptop yang digunakan untuk bekerja bervariasi bergantung pada pekerjaan anda bergerak di bidang apa. Sebagian pekerjaan mungkin hanya membutuhkan laptop untuk browsing dan mengunakan Microsoft Office atau online meeting, sedangkan pekerjaan lain membutuhkan kapasitas RAM besar dan Processor spek tinggi untuk mengolah data-data perusahaan.

- Laptop Desain Grafis 
Apabila Anda bekerja sebagai seorang desain grafis, spesifikasi dari laptop cukup tinggi. Karenapekerjaan ini membutuhkan software pendukung untuk mendesain dan software tersebutmemerlukan kapasitas RAM, VGA dan processor yang tinggi. Sehingga ketahui terlebih dahulukapasitas software apa yang ingin Anda gunakan, agar kinerja dari laptop tidak lemot. 

- Laptop Developer 
Untuk kebutuhan developer, Anda bisa memilih laptop dengan teknologi multi core danarsitektur 64 bit. Pastikan juga processor dan memori memiliki kapasitas tinggi, karena seorangdeveloper memerlukan aplikasi software dengan resource yang besar. 

Cari Merk Laptop dengan Reputasi Terpercaya
Melakukan riset mengenai merk laptop dengan reputasi terpercaya juga hal penting lainnya. Karena dengan reputasi baik, maka kualitas yang ditawarkan tidak perlu diragukan. Merkternama di sebuah industri tentu tidak akan merilis produk yang akan mengecewakanpenggunanya.

Garansi dan Service
Setelah sudah mengetahui kebutuhan Anda, pastikan laptop yang akan dibeli memiliki garansi panjang dari  pabrik atau brand-nya. Lalu penting juga untuk mengetahui lokasi service center-nya, agar ketika ada kendala dengan laptop Anda sudah tahu harus ke mana untuk memperbaikinya. 

Pertimbangkan Harga Beli dan Harga Jual
Mempertimbangkan apakah laptop Anda memiliki harga yang stabil juga menjadi hal penting. Apabila nantinya akan dijual kembali, perhatikan garansi pabrik dan selalu servis pada tempatresmi. 

_

 

Jadi, bagaimana dengan beberapa tips di atas? Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda ketikaingin memilih laptop baru yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. 
Apabila sudah yakin, Anda dapat mengajukan kredit laptop dengan SPEKTRA. Karena aman, terpercaya dan jaringan toko rekanan SPEKTRA hadir di seluruh Indonesia!
Anda dapat mengunjungi https://www.fifgroup.co.id/spektra untuk ajukan pembiayaan laptop impian anda bersama SPEKTRA

Ada yang bisa FIONA bantu? →