Tips & Trik

Tanya Jawab Seputar Prosedur Layanan Pengaduan SPEKTRA

1 Mar 2024

1. Dimana saya dapat menyampaikan pengaduan kepada PT AMF

Anda dapat menyampaikan pengaduan Anda ke kantor cabang Astra Multi Finance terdekat dari domisili Anda. Collection and Remedial Head kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Selain mendatangi kantor cabang terdekat, Anda juga dapat menghubungi layanan pengaduan konsumen melalui Call Center HALOFIF (1500-343), email (halofif@fifgroup.astra.co.id), Layanan WhatsApp Fiona (08952-1500-343), dan Media Sosial @fifclub.

2. Bagaimana mekanisme pengaduan saya diproses?

Baca Juga

- Catat! Ini Dia Strategi Mengembangkan Usaha Agar Semakin Melejit 

  1. Konsumen menyampaikan pengaduan melalui media yang disediakan PT AMF.
  2. PT AMF akan melakukan verifikasi dan kesesuaian data konsumen / pelapor.
  3. PT AMF akan menginformasikan kekurangan dokumen pengaduan (jika ada), dan Anda akan mendapatkan waktu selama 10 hari kerja untuk melengkapi kekurangan dokumen.
  4. PT AMF akan mencatatkan pengaduan Anda jika seluruh dokumen dan pengaduan Anda memenuhi persyaratan dan Anda akan mendapatkan notifikasi tanggal penerimaan pengaduan dan nomor registrasi pengaduan (jika terdapat kekurangan dokumen) dan nomor tiket pengaduan (jika semua dokumen lengkap)
  5. PT AMF akan menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan Anda dalam jangka waktu 5 hari kerja (untuk pengaduan yang disampaikan secara lisan) atau 10 hari kerja (untuk pengaduan yang disampaikan secara tertulis).
  6. Apabila tidak terdapat kesepakatan dalam penyelesaian pengaduan, Anda dapat melanjutkan pelaporan pengaduan ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) untuk mendapatkan mediasi, arbitrase maupun pendapat mengikat sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Apa saja informasi dan dokumen yang dibutuhkan ketika saya ingin menyampaikan pengaduan?
Informasi yang dibutuhkan :

  1. Data identitas konsumen/pelapor (terdiri dari Nama, NIK/No KTP, Tempat dan Tanggal Lahir)
  2. Nomor handphone konsumen/pelapor.
  3. Nomor kontrak konsumen
  4. Kronologis permasalahan yang diadukan
  5. Jika pengaduan disampaikan oleh perwakilan konsumen/pelapor maka ditambahkan 
    • Data identitas perwakilan konsumen/pelapor (terdiri dari Nama, NIK/No KTP, Tempat dan Tanggal Lahir, hubungan dengan konsumen/pelapor),
    • Data identitas konsumen/pelapor yang diwakilkan (terdiri dari Nama, NIK/No KTP, Tempat dan Tanggal Lahir), dan 
    • Surat Kuasa dari konsumen/pelapor
  6. Nomor handphone perwakilan konsumen/pelapor

Dokumen yang dibutuhkan :

  • KTP Konsumen/Pelapor
  • KTP Perwakilan Konsumen/Pelapor (jika diwakilkan)
  • Dokumen pendukung yang berkaitan dengan pengaduan.

4. Berdasarkan POJK No. 22 Tahun 2023 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, pengaduan dapat ditolak apabila :

  1. Konsumen tidak melengkapi persyaratan dokumen sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan (10 hari kerja)
  2. Pengaduan sebelumnya telah diselesaikan oleh PT AMF sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan
  3. Pengaduan tidak terkait dengan kerugian dan/atau potensi kerugian material, wajar, dan secara langsung sebagaimana tercantum dalam perjanjian dan/atau dokumen pemanfaatan produk dan/atau layanan
  4. Pengaduan tidak terkait dengan pemanfaatan produk dan/atau layanan yang dikeluarkan oleh PT AMF
  5. Pengaduan sedang dalam proses atau telah diputus oleh lembaga peradilan secara perdata

Gamau ketinggalan informasi terbaru dari FIFGROUP ?

Yuk subscribe Newsletter FIFGROUP

Spektra

layanan pengaduan

amf

Share Artikel

Artikel Serupa

Lihat Semua

Uncategorized

17 April 2023

Catat! Ini Dia Strategi Mengembangkan Usaha Agar Semakin Melejit 

Akhirnya usaha yang Anda impikan berhasil terwujud, lantas Anda menginginkan usaha bisa mencapai target yang Anda inginkan. Sebagai pelaku usaha atau UMKM, tentu mencapai tujuan atau goals tersebut tidaklah mudah. Selain karena jam terbang, Anda harus jeli melihat strategi dalam berbisnis. Lalu seperti apa strategi agar usaha kecil bisa semakin berkembang dan melejit? Catat tips berikut yang bisa Anda terapkan untuk usaha Anda, mulai dari usaha makanan, retail, jasa, dll.   Menganalisis Jangan abaikan kompetitor! Anda bisa menganalisis bagaimana strategi marketing kompetitor, harga penjualan, hingga produk mereka. Anda bisa banyak belajar dari kompetitor dan mendapatkan strategi usaha yang lebih matang dan memberikan penawaran yang lebih baik daripada kompetitor. Selain mempelajari kompetitor, Anda juga wajib menganalisa seperti apa usaha Anda yang sudah berjalan selama beberapa waktu kebelakang, serta bagaimana perilaku pelanggan Anda. Dengan menganalisis, Anda jadi bisa mencari cara agar usaha jadi lebih berkembang.   Evaluasi Lakukan evaluasi secara berkala terhadap usaha Anda. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah strategi yang selama ini dijalankan sudah tepat. Apakah selama ini mengalami peningkatan atau justru penurunan. Dengan mengevaluasi, Anda akan bisa mengetahui strategi selanjutnya untuk usaha Anda. Perhatikan Layanan Pelanggan Jangan sampai usaha Anda jadi sepi karena layanan yang buruk, sehingga pelanggan ogah untuk bertransaksi dengan Anda. Perhatikan bagaimana pelayanan yang Anda berikan, apakah sudah maksimal atau belum. Anda bisa minta pelanggan review atau memberikan ulasan usaha Anda. Selain membuat pelanggan puas, Anda juga bisa mendapatkan masukan yang baik langsung dari mereka. Anda pun bisa meningkatkan usaha Anda jadi lebih baik.   Pahami Produk Tentu sebagai pemilik usaha, Anda memang harus memahami produk yang Anda tawarkan ke pelanggan. Misal dalam usaha makanan mana produk makanan paling best seller mana produk makanan yang kurang diminati. Anda pun bisa mengambil langkah selanjutnya untuk memperbaiki produk yang kurang laku. Kualitas Kualitas adalah hal yang tidak boleh sekalipun terlewatkan karena kualitas produk Anda harus menjadi nomor 1. Orang-orang akan dengan senang hati menjadi pelanggan Anda bila mereka mendapatkan kualitas terbaik. Value Berikan value kepada pelanggan yang tidak bisa mereka dapatkan dari kompetitor Anda. Seperti apa? Anda mampu menjawab kebutuhan pelanggan, membuat mereka nyaman, memiliki Unique Selling Point. Untuk Anda pelaku usaha jangan pernah patah semangat, karena kini sudah banyak UMKM yang sukses dan berhasil melejit hingga ke luar negeri.  Tidak perlu khawatir untuk modal usaha Anda, karena FINATRA hadir untuk membantu mengembangkan usaha dengan memberikan kemudahan pembiayaan pada para pelaku UMKM untuk menumbuhkan dan mengembangkan usaha Anda. Proses pengajuannya yang mudah hanya 3 hari kerja setelah Anda melengkapi semua kebutuhan dokumen. Selain itu tenor panjang hingga 5 tahun dan plafond pinjaman mulai dari 25 Juta sampai dengan 500 Juta. Ajukan sekarang melalui https://www.fifgroup.co.id/finatra/ajukan-finatra dan wujudkan untuk mengembangkan usaha Anda bersama FINATRA.  

Uncategorized

12 Januari 2023

Eco House: Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya

Apakah kamu pernah mendengar pembangunan sustainability atau berkelanjutan? Pembangunan sustainability dimulai dari strategi hingga praktik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengorbankan atau merusak alam. Tentu untuk mencapai tujuan sustainability dan mengimplementasikannya perlu konsistensi, salah satunya dengan gaya hidup sehari-hari yang sejalan dengan konsep berkelanjutan seperti eco house. Apakah kamu pernah mendengar eco house? Salah satu tren rumah ramah lingkungan atau eco house dibangun adalah memanfaatkan potensial alam untuk melestarikan lingkungan dengan gaya hidup yang bersinergi dengan bumi kita. Bila Anda sedang memimpikan memiliki rumah di perkotaan tapi dengan suasana lebih sejuk, Anda bisa mewujudkannya dengan eco house. Seperti apa manfaatnya, unsur apa saja yang perlu diperhatikan, dan bagaimana biayanya?  Manfaat Eco House Seperti namanya, eco house adalah rumah yang ramah lingkungan sehingga eco house membantu menjaga kelestarian alam dengan menggunakan material ramah lingkungan. Tidak hanya itu, penerapan sehari-hari juga lebih hemat energi dengan memanfaatkan cahaya matahari seperti mematikan lampu di siang hari dan menggunakan panel surya. Dalam penggunaan air juga eco house memanfaatkan sanitasi air dengan baik sehingga bisa digunakan kembali seperti pada toilet atau menyiram tanaman. Paling penting eco house juga minim polusi udara yang dapat menimbulkan penyakit. Unsur-unsur Eco House 1.    Perhatikan material Membangun rumah eco house harus memerhatikan bahan-bahan yang digunakan seperti penggunaan material daur ulang dan tidak beracun seperti batu bata, bambu, atau baja ringan untuk mengurangi tebang kayu meskipun penggunaan baja ringan dinilai lebih mahal dibanding kayu tapi hal ini dinilai selaras untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. 2.    Pemanfaatan lahan hijau Eco house biasanya meluangkan 30 - 40% dalam rumah untuk dijadikan taman dengan dihiasi berbagai tanaman atau rerumputan. Anda bisa memilih tanaman yang bisa menyerap karbondioksida untuk meningkatkan kualitas udara di rumah. Tidak hanya pada lahan, tapi konsep eco house kini semakin diminati karena keunikannya pada atap serta dinding, adanya green roof dan green wall. Menanam rumput pada atap serta dinding akan membuat udara di rumah lebih sejuk, Anda pun dapat mengurangi penggunaan kipas angin maupun AC. 3.    Hemat biaya Untuk biaya Anda tidak perlu khawatir, tidak ada lagi tagihan listrik dan air yang membengkak karena eco house memanfaatkan pencahayaan alami serta dengan banyaknya lahan hijau akan membuat Anda semakin hemat dalam penggunaan kipas dan AC karena sirkulasi udara yang baik. Apakah Anda semakin ingin tinggal di rumah eco house? Anda bisa mewujudkan rancangan hunian yang sejuk serta membantu melestarikan bumi bersama pembiayaan DANASTRA. DANASTRA menyediakan dana multiguna yang dapat Anda manfaatkan untuk merenovasi ataupun membangun rumah impian. Prosesnya cepat hanya 1 - 3 hari kerja dan tidak ribet karena hanya dengan KTP. Ajukan sekarang juga di fifgroup.co.id/DANASTRA    

Uncategorized

18 Agustus 2022

Pemberitahuan Unit Pengaduan yang Dimiliki Perusahaan Kepada Masyarakat

Pemberitahuan kepada masyarakat, apabila terdapat ketidakpuasan dengan salah satu pelayanan FIFGROUP maka diharapkan segera menyampaikan saran & kritik melalui unit penanganan pengaduan yaitu HALOFIF (Call): 1500-343, Email HALOFIF (halofif@fifgroup.astra.co.id), Livechat Fiona melalui WhatsApp HALOFIF (08952-1500-343) dan channel media sosial resmi FIFGROUP seperti Instagram FIFCLUB, Twitter FIFCLUB, Facebook FIFCLUB, dan corporate website PT FIF (www.fifgroup.co.id)  

Uncategorized

31 Oktober 2020

Umroh 2020 Mulai Dibuka, Ini Peraturan dan Biaya yang Harus Disiapkan!

Setelah sempat diberhentikan, akhirnya akses untuk menjalani ibadah umroh di Arab Saudi kembali dibuka tanggal 1 November 2020 ini. Meskipun begitu, pastinya ada protokol dan peraturan tambahan yang harus Anda penuhi sebelum melakukan ibadah umroh di zaman pandemi COVID-19 ini. Arab Saudi sendiri sudah mengeluarkan edaran tentang peraturan ibadah umroh selama pandemi. Isi dari edaran tersebut memuat berbagai peraturan termasuk Akomodasi atau kamar hotel maksimal diisi oleh 2 orang dengan tempat tidur yang berjarak minimal 2 meter. Larangan untuk memberikan konsumsi secara prasmanan. Usia jamaah maksimal 50 tahun dan sudah dinyatakan bebas COVID-19. Proses pendaftaran dikontrol lewat sistem yang sudah disediakan oleh pihak Arab Saudi dan telah dikoordinasikan dengan pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Mengikuti peraturan-peraturan tersebut, tentu saja ada beberapa peraturan tambahan serta penyesuaian biaya yang harus Anda siapkan untuk ikut dalam umroh 2020. Contohnya: Tiket pesawat pulang pergi: Biasanya, harga tiket pesawat sudah masuk ke dalam harga untuk berangkat umroh dan bisa berkisar dari 9 - 14 juta Rupiah tergantung dengan maskapai apa yang Anda pilih. Akomodasi di Tanah Haram: Harga akomodasi biasanya sudah termasuk di dalam harga paket umroh. Biaya akomodasi juga beragam, dari 500 ribu sampai 3 juta Rupiah per-malam sesuai dengan bintang dari hotel yang Anda pilih. Biaya lain-lain: Untuk biaya lainnya seperti manasik, bagasi, mutowif, sampai pembimbing biasanya sudah termasuk ke dalam paket harga dan akan bervariasi antar agen travel umroh. Visa: Biaya visa juga sudah masuk di dalam harga paket yang umumnya ditawarkan oleh para agen travel umroh. Bedanya, jika dulu Anda dikenakan biaya visa progresif sebesar 2000 Riyal (sekitar 7,7 juta Rupiah) sekarang biaya ini sudah dihilangkan. Sebagai gantinya, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 1,2 - 2 juta Rupiah, sesuai dengan ketentuan masing-masing agen travel umroh. Pembuatan paspor: Untuk bepergian ke luar negeri, pastinya Anda akan membutuhkan paspor. Biaya pembuatan paspor sendiri berkisar sebesar 600 ribu - 1,5 juta Rupiah dan biasanya berada di luar harga paket umroh. Suntik meningitis/influenza: Selain paspor, biaya suntik meningitis dan influenza juga berada di luar harga paket umroh. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap melakukan suntik meningitis dan influenza agar Anda tidak mudah terserang penyakit ketika sedang menjalani ibadah di tanah suci. Pengeluaran pribadi: Ketika bepergian, tentunya Anda harus membawa biaya tambahan untuk pengeluaran pribadi. Biaya ini nantinya akan dipakai untuk jajan, membeli suvenir, sampai membeli kuota untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah.   Dari penjabaran di atas, terlihat kalau ada banyak hal yang harus Anda siapkan untuk menjalani umroh 2020. Karena itu Anda diharuskan untuk membuat perencanaan yang matang sehingga tidak ada hal yang terlewatkan. Selain itu, Anda juga harus mulai menyiapkan dana untuk melakukan umroh di tengah pandemi COVID-19 ini. Selain itu Anda bisa mempertimbangkan Ongkos Naik Haji Plus, Anda bisa mempelajari dulu perbedaannya dengan haji biasa Namun, Anda tidak perlu khawatir! AMITRA dapat membantu Anda untuk menyiapkan biaya umroh yang Anda butuhkan. Dengan mengikuti pembiayaan umroh dari AMITRA, Anda bisa berangkat umroh terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan. Selain itu prosesnya juga tidak susah! Anda bisa langsung mengajukan pembiayaan umroh hanya dengan bermodalkan KTP dan KK di FIFADA. Mudah bukan?