Artikel

Kasus HP Meledak, Hindari 5 Hal Penyebab Ponsel Meledak

31 March 2022 | 14:02 WIB

Aktivitas bermain ponsel sekarang mulai dari bangun hingga sebelum tidur. Semua serba lewat ponsel karena memudahkan segala urusan. Kalau Anda ceroboh menggunakannya bisa menyebabkan alat elektronik ini meledak seperti berita di Twitter yang ramai sebelumnya. Lalu apa saja penyebab ponsel bisa meledak? Hindari 5 hal berikut agar tidak terjadi pada Anda.

1.    Menggunakan pengisi daya berbeda

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna ponsel adalah menggunakan pengisi daya yang berbeda dengan merk aslinya. Mungkin Anda meminjam dari teman atau Anda membeli charger yang tidak sesuai dengan watt dari ponsel. Salah satu tanda menggunakan charger yang tidak sesuai pada saat mengisi baterai ponsel Anda akan terasa panas. Kesalahan ini menjadi indikasi mengapa ponsel bisa meledak.

2.    Pengisian semalaman

Tanpa disadari kebiasaan ini sering sekali dilakukan. Mengisi baterai dan ditinggal tidur semalaman jadi penyebab kinerja baterai ponsel menurun dan membuat ponsel overheat  atau terjadi korsleting. Ponsel yang terus-menerus dicolokan membuat ponsel meledak.

3.    Ponsel tertinggal di dalam motor

Apakah Anda sering meninggalkan ponsel bagasi motor? Panas dari mesin motor membuat ponsel ikut panas. Hal ini ternyata menyebabkan mengapa ponsel bisa meledak. Anda perlu lebih memperhatikan dalam meletakan ponsel.

4.    Penggunaan material tidak ori

Material tidak original memang lebih murah tapi hal ini akan membuat ponsel Anda menyebabkan overheat. Niat mau menghemat dengan membeli material tidak ori ternyata malah membuat Anda merugi karena kerusakan pada ponsel yang bisa menyebabkan fatal.


5.    Service di tempat tidak resmi

Dirasa lebih murah, saat ponsel mengalami kerusakan Anda pun membawanya ke tempat service tidak resmi. Hal ini sangat tidak disarankan ya. Membawa ponsel ke gerai resmi akan memperpanjang umur ponsel Anda dan mengurangi risiko meledaknya ponsel.

Sekarang Anda jadi tahu kan apa saja penyebab ponsel bisa meledak? Seperti kebiasaan yang tidak disadari hingga kelalaian sendiri. Bila daya ponsel sudah berkurang sebaiknya Anda mengganti dengan ponsel baru yang disesuaikan dengan budget. Klik link www.fifgroup.co.id untuk mengajukan kredit hanya dengan KTP dan Anda pun bisa membawa ponsel baru.


 

Ada yang bisa FIONA bantu? →