Artikel

Buat yang Ingin Memulai Usaha Laundry, Berikut Keperluan Peralatan dan Harganya

29 October 2020 | 18:21 WIB

Mulai kepikiran bikin usaha? Bisnis laundry bisa jadi salah satu ide bisnis menengah untuk Anda, apalagi di musim hujan yang membuat sebagian orang malas mencuci pakaian dan bikin pakaian bau apek. Tak jarang orang menyerahkan setumpuk pakaian kotor ke jasa laundry karena tidak sempat. Bisnis ini pun sebenarnya tidak mengenal musim karena kebutuhan mencuci pakaian terus ada.

Untuk membangun usaha laundry ini membutuhkan persiapan mulai dari peralatan mesin cuci, atau mesin pengering, sabun yang digunakan, pengharum baju, bahkan setrika uap untuk membuat baju pelanggan Anda rapi dan tidak kusut. Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk usaha laundry:

 

  1. Mesin cuci

Tentu mesin cuci jadi peralatan vital dalam membuka usaha laundry. Mesin cuci pun memiliki banyak fitur dengan berbagai harga yang berbeda pula. Mesin cuci 1 tabung dengan bukaan atas bisa jadi salah satu pilihan bila Anda tidak ingin memiliki banyak pekerja karena mesin cuci tipe ini bisa melakukan pengisian air, mengisi deterjen sendiri dan mengeringkan hingga 70% pakaian. Bila Anda menginginkan mesin cuci dengan pintu di atas 1 tabung, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp. 2.400.000.

Bila Anda ingin yang lebih murah, mesin cuci 2 pintu di atas bisa jadi pilihan dari segi harga hingga lebih hemat dalam penggunaan listrik. Sayangnya mesin cuci ini tidak begitu praktis karena Anda harus menunggu mesinnya bekerja sampai selesai untuk memindahkan tabung pencuci ke tabung pengering. Mesin cuci ini bisa Anda bawa pulang dengan harga Rp. 1. 200.000.

 

        2. Sabun, pelembut, dan pengharum pakaian

Salah satu kenapa jasa laundry sering digunakan adalah membuat pakaian jadi wangi dan tidak bau apek. Tidak jarang wangi ini bisa bertahan berhari-hari. Dibutuhkan sabun dan pelembut khusus laundry dengan harga kisaran Rp. 40.000/5 liter dan pengharum pakaian Rp. 16.000/liter.

 

        3. Setrika uap

Setrika uap ini jadi pilihan karena dianggap mampu menjaga kualitas dari pakaian  dan tidak mudah rusak atau membuat pakaian pelanggan Anda menjadi gosong. Anda bisa mendapatkan setrika uap dengan harga mulai dari Rp. 260.000.

         

        4. Timbangan

Tentu timbangan jadi salah satu yang penting pula untuk mengetahui berat pakaian yang diberikan pelanggan dan menjadi penentu pemberian harga. Timbangan ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 200.000

 

Bagaimana? Tertarik bukan dengan bisnis laundry? Membuka usaha tentu memang tidak mudah ya. Selain peralatan untuk membuka usaha laundry, tentu membutuhkan modal membeli peralatan dan juga pembiayaan mulai dari sewa tempat atau jasa pengantaran yang mungkin membutuhkan pengeluaran bahan bakar pula. Tetapi, mau sampai kapan angan-angan memiliki usaha tertahan karena modal usaha?

Pembiayaan modal usaha bisa kamu temukan di FLEET untuk mendukung persiapan usaha Anda mulai dari modal usaha, peralatan, dan operasional usaha. Dengan mudah Anda bisa mendaftarkan diri Anda secara online, mudah dan praktis.

Ada yang bisa FIONA bantu? →