Artikel

Beli HP Baru, Lebih Baik Kredit atau Tunai?

31 March 2020 | 14:30 WIB

Smartphone merupakan salah satu alat yang mulai menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat di Indonesia. Karena itu ketika HP yang digunakan setiap harinya mulai sering lag atau bahkan mati secara tiba-tiba, pastinya si pemilik HP akan langsung melihat-lihat pilihan untuk membeli HP baru. Bukan cuma itu, teknologi yang terus menerus berkembang juga membuat HP yang dimiliki sekarang mungkin sudah terlihat “jadul” pada satu atau dua tahun berikutnya.
Ketika keinginan dan kebutuhan akan HP baru terus bertambah, muncul pertanyaan berikutnya: mana cara yang lebih baik untuk membeli HP baru, kredit atau tunai?

Meskipun membeli barang secara tunai seringkali dianggap lebih baik, menggunakan fasilitas kredit juga memiliki keuntungannya tersendiri:

1. Menstabilkan pengaturan cash flow.

Ketika membeli barang secara kredit, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar dalam satu kali pengeluaran. Dengan begini, Anda masih bisa menyimpan sisa uang Anda untuk keperluan lain.


2. Lebih banyak promo & diskon tambahan.

Biasanya, beberapa toko mempunyai promo tersendiri bagi Anda yang mau kredit HP atau barang elektronik lainnya. Ini artinya Anda bisa saja mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga yang lebih murah.


3. Membangun skor kredit yang baik.

Skor kredit yang baik bisa Anda dapatkan ketika Anda bisa mencicil dengan baik dan melakukan pembayaran secara tepat waktu. Nantinya hal ini akan sangat membantu ketika Anda ingin mengajukan pinjaman lain.


Melakukan kredit juga tidak hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit. Melalui layanan seperti SPEKTRA, Anda bisa mengajukan kredit HP maupun kredit elektronik lainnya tanpa kartu kredit. Dengan layanan ini, Anda juga bisa mengajukan kredit untuk barang elektronik tanpa DP. Anda hanya perlu membawa dokumen seperti KTP dan KK saat mengajukan kredit. Selain itu, SPEKTRA sudah tersedia di sebagian besar toko elektronik, gadget, dan furniture.


Setelah mengetahui keuntungan kredit dan memilih layanan yang paling tepat untuk Anda, hal yang perlu Anda lakukan adalah membeli HP impian Anda dan mulai mengatur keuangan agar Anda bisa membayar cicilan kredit secara teratur!

Ada yang bisa FIONA bantu? →