Siaran Pers

Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Customer Service FIFGROUP Upaya Oknum Mengelabui Konsumen

FINATRA
04 August 2023 | 21:31 WIB

JAKARTA : PT Federal International Finance (FIFGROUP) menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang telah menjadi konsumen FIFGROUP untuk mewaspadai segala bentuk upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan diri sebagai FIFGROUP dengan modus menipu konsumen untuk mentransfer pembayaran angsuran ke rekening yang menggunakan nama pribadi. 
Perlu diketahui bahwa FIFGROUP tidak pernah meminta konsumen untuk mentransfer pembayaran angsuran ke rekening atas nama pribadi. FIFGROUP selalu menginformasikan kepada konsumen bahwa segala bentuk transaksi pembayaran angsuran hanya dapat dilakukan di kantor cabang terdekat ataupun melalui payment point seperti AstraPay, Alfamart, Indomaret, Kantor Pos, maupun membayarkan tagihan melalui bank.
Customer Relationship Management (CRM) and Digital Division Head, Joni Citradinata, mengatakan “Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengarahkan konsumen untuk mentransfer pembayaran angsuran ke rekening atas nama pribadi. FIFGROUP maupun karyawannya tidak pernah meminta pembayaran melalui rekening atas nama pribadi. Oleh karena itu, kami mengarahkan konsumen untuk melakukan pembayaran angsuran melalui jalur pembayaran resmi FIFGROUP.” kata Joni.
“Upaya yang bersifat penipuan tersebut biasanya dilakukan dengan cara menggunakan nomor telepon tertentu dan menginformasikan kepada masyarakat khususnya konsumen FIFGROUP seolah-olah informasi resmi dari FIFGROUP. Sehingga pada akhirnya konsumen diarahkan melakukan pembayaran yang tentunya membawa potensi kerugian bagi konsumen juga FIFGROUP,” jelas Joni.
Apabila konsumen mendapati berhubungan dengan nomor telepon tidak dikenal dan mengarahkan pembayaran konsumen ke nomor rekening pribadi, maka FIFGROUP memberikan tips sebagai berikut :
 

  1. Jangan mudah percaya dan langsung melakukan transfer uang ke rekening tersebut. FIFGROUP hanya menerima pembayaran angsuran melalui kantor cabang dan payment point yang telah disebutkan.
  2. Jangan memberikan informasi kontrak kredit maupun data bersifat pribadi, seperti alamat, Kartu Tanda Penduduk (KTP), e-mail, dan lain sebagainya.
  3. Apabila merasa dirugikan, segera laporkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut.

Selain itu, untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara dan tempat pembayaran angsuran yang resmi maupun menanyakan informasi lebih lanjut mengenai FIFGROUP, konsumen dapat menghubungi whatsapp 089521500343 atau menghubungi call center HaloFIF di 1500-343 yang dapat dilakukan pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB ataupun mengirimkan e-mail ke [email protected].