Artikel

5 Tips Mengendarai Motor Matic Agar Aman!

29 July 2022 | 17:39 WIB

Sebagai salah satu varian sepeda motor paling laku di Indonesia dengan alasan kenyamanan serta kepraktisan yang ditawarkan, mengendarai motor matic tidak bisa sembarangan. Selain dari atribut keamanan berkendara, ada beberapa hal lainnya yang patut Anda ketahui agar selalu aman di jalan. Penasaran, langsung saja simak informasinya di bawah ini. 


Pastikan Motor dalam Kondisi Sehat   

Bukan hanya kondisi fisik Anda saja yang menjadi faktor penting dalam berkendara, namun kondisi motor yang sehat juga tidak kalah pentingnya. Dengan melakukan pengecekan oli gear motor matic secara berkala maka turut membantu untuk merasakan pengalaman mengendarai motor matic Anda agar semakin aman. 
 

Posisikan Tangan dan Tubuh Senyaman Mungkin 

Selain dari kondisi mesin, posisi berkendara juga patut untuk diperhatikan. Mengapa posisi tangan dan tubuh cukup penting? Karena dari posisi tangan yang rileks serta berada di posisi yang benar akan menopang keamanan dalam berkendara. Lalu, dengan posisi tubuh yang tegak bisa membuat akan tidak akan mudah lelah. 
 

Perhatikan Turunan dan Tanjakan

Penggunaan motor matic ketika melewati turunan atau tanjakan memang cukup berbeda bila dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya. Sehingga   Selalu pastikan kecepatan saat di turunan sedikit melambat dengan melepas gas dan gunakan rem yang ada. Karena apabila dibiarkan saja, akan membahayakan sekitar Anda. 

Untuk di tanjakan, pastikan untuk mendapatkan kecepatan yang cukup sebelum menjulang ke atas. Karena apabila kecepatannya kurang, motor matic Anda bisa kekurangan tenaga untuk menaiki tanjakan tersebut. 
 

Rasakan Beda Tarikan Gas

Tarikan gas dari motor matic juga memiliki perbedaan, maka ada pentingnya untuk Anda bisa merasakan perbedaannya. Perbedaan yang paling signifikan ialah dari tarikan awalnya yang terkesan berat, karena memang mesin motor matic dirancang untuk dapat berjalan pada RPM tertentu.   

Walaupun terkesan berat pada tarikan awal, namun apabila motor Anda sudah melaju sistem di dalam mesin motor matic tidak akan terasa berat lagi. 
 

Biasakan Diri dengan Motor 

Hal terakhir yang bisa membuat pengalaman mengendarai motor matic Anda menjadi aman adalah dengan membiasakan diri dengan motor yang dikendarai. Setiap kendaraan itu berbeda, sehingga kenali karakteristiknya sehingga rasa aman itu bisa tercipta. 

Dengan karakteristiknya yang berbeda, semoga tips mengendarai motor matic di atas bisa membuat pengalaman berkendara Anda menjadi aman. Agar semakin aman, jangan lupa untuk ajukan pembiayaan motor Anda melalui FIFASTRA. 

Karena bersama FIFASTRA, pembiayaan motor Honda Anda akan lebih aman karena BPKB akan disimpan di tempat yang aman serta Anda mendapatkan asuransi motor dari Asuransi Astra. Ayo kunjungi www.fifgroup.co.id/fifastra sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Source: https://www.wahanahonda.com/blog/8-cara-mengendarai-motor-matic-yang-benar
 

Ada yang bisa FIONA bantu? →