Artikel

Tips Liburan Hemat Agar Healing Tidak Bikin Kantong Kering

29 July 2022 | 17:48 WIB

Lelah beraktivitas setelah berbulan-bulan atau bahkan Anda tidak ingat kapan terakhir liburan, mungkin ini saatnya Anda bisa healing dan melepas penat. Bahkan liburan sangat dianjurkan karena memiliki dampak positif untuk kesehatan mental serta fisik. Mulai dari mengurangi stress, menghilangkan rasa cemas, adanya aktivitas fisik dari liburan untuk kesehatan tulang, produktivitas pun bertambah, hingga menurunkan risiko jantung. Kesehatan tubuh dan kesibukan pekerjaan jadi seimbang dengan berlibur.

Setelah mengetahui manfaatnya, tidak ada salahnya Anda mengambil cuti untuk berlibur, baik untuk solo traveling, me time, atau bersama keluarga. Agar berlibur Anda tidak menambah penyakit seperti pusing dan stress memikirkan biaya berlibur, Anda bisa simak tips hemat tanpa bikin kantong kering berikut ini.

1.    Survey
Agar liburan Anda makin menyenangkan, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu seperti lokasi, tempat penginapan, destinasi wisata, juga transportasi. Misalnya Anda ingin berlibur ke Semarang, Anda bisa lihat apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi, harga tiket masuk, transportasinya tiket kereta maupun pesawat, transportasi selama di Semarang, hingga kuliner khas yang ingin anda cicipi. Anda bisa survey lewat review di Youtube atau juga travel blogger.


2.    Hitung Biayanya

Setelah melakukan survey, Anda bisa menghitung rincian biaya dari list yang sudah dibuat. Mulai dari transportasi pulang dan pergi, penginapan, konsumsi, tiket destinasi wisata, transportasi mobilitas selama liburan, hingga oleh-oleh. 
 

3.    Pesan Lebih Awal

Harga tiket transportasi maupun penginapan biasanya akan lebih murah apabila dipesan lebih awal dibandingkan mendadak. Selain itu juga agar liburan lebih tenang bila Anda sudah memesan tiket pulang juga penginapan.
 

4.    Hindari Musim Liburan

Liburan akan lebih hemat bila Anda menghindari musim liburan atau high season. Musim liburan biasanya akan sangat ramai, tentu harga tiket dan penginapan jadi melonjak tinggi. Belum lagi destinasi tujuan Anda akan begitu ramai dipenuhi wisatawan lainnya, Anda pun jadi tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman.
 

5.    Cari Promo

Namanya liburan hemat tentu harus memanfaatkan segala promosi. Mulai dari promosi bank, tempat penginapan, aplikasi atau website travel, tiket transportasi. Wajib berburu promo bila Anda ingin liburan hemat agar budget tidak boncos.
 
6.    Menggunakan Paket Travel

Untuk Anda yang ingin hemat tapi tetap praktis, Anda bisa mengikuti program paket yang disediakan oleh travel. Agen travel biasanya menyediakan tiket transportasi, penginapan, juga tiket destinasi wisata. Anda bisa memilih destinasi mana saja yang ingin Anda kunjungi, lalu Anda bisa mengikuti jadwal yang sudah disediakan oleh agen. Hemat dan simpel.
 
7.    Gunakan DANASTRA

Liburan makin menyenangkan bila Anda tidak perlu memusingkan budget. Anda bisa menggunakan pinjaman DANASTRA, pembiayaan multiguna dengan proses yang cepat dan praktis. Kunjungi www.fifgroup.co.id/danastra dan mengisi sejumlah data yang dibutuhkan. Ayo kemasi barang-barang Anda, karena sekarang Anda sudah siap pergi berlibur untuk healing!
 

Ada yang bisa FIONA bantu? →