Artikel

Ini Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Ibadah Umroh

28 July 2020 | 16:19 WIB

Sebelum umroh, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar. Perjalanan umroh adalah perjalanan yang diimpi-impikan oleh seluruh umat Muslim. Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk berangkat, pastinya Anda ingin perjalanan umroh Anda berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun. Nah, apa aja sih hal-hal yang harus Anda siapkan sebelum umroh?

 

Dokumen

Hal utama yang harus Anda siapkan tentu saja dokumen yang lengkap. Biasanya, Anda membutuhkan dokumen seperti paspor, visa, tiket pulang-pergi, dan kartu identitas. Meskipun begitu, biasanya ada dokumen-dokumen tambahan yang diminta oleh biro perjalanan. Karena itu sebelum berangkat sebaiknya Anda mengecek ulang semua dokumen yang diperlukan. Jika sudah lengkap, Anda bisa memasukkan semua dokumen tersebut ke dalam sebuah map agar tidak tercecer saat Anda bepergian.

 

Kebutuhan Komunikasi

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menyiapkan wifi/kuota yang sesuai. Cek paket-paket yang ditawarkan oleh kartu provider yang Anda gunakan dan beli paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain internet, sebaiknya Anda juga mencatat nomor-nomor penting seperti nomor orang-orang terdekat Anda, nomor telepon jemaah yang berangkat bersama Anda, serta nomor telepon biro perjalanan/ketua rombongan Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika Anda terpisah dari rombongan atau membutuhkan bantuan di tengah perjalanan Anda.

 

 

 

Obat-obatan

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit, sebaiknya Anda membawa obat-obatan yang mungkin Anda butuhkan. Selain itu, obat-obatan untuk penyakit umum seperti obat masuk angin, maag, dan sakit kepala juga bisa Anda siapkan. Karena Anda akan bepergian di negara asing, sebaiknya Anda menyiapkan obat-obatan yang mungkin akan susah ditemukan di tempat Anda menginap.

 

Pakaian

Selama melakukan ibadah, Anda akan membutuhkan beberapa pakaian khusus seperti mukenah dan pakaian ihram untuk jemaah perempuan dan kain ihram untuk jemaah laki-laki. Karena umroh akan dilakukan selama beberapa hari, sebaiknya Anda membawa lebih dari 1 mukenah dan kain ihram agar Anda bisa memakainya secara bergantian. Selain itu Anda juga harus membawa pakaian lain untuk Anda pakai saat berjalan-jalan di Mekkah dan sekitarnya.

 

Kalau Anda sudah mempersiapkan semua hal-hal yang ada di atas, hal yang berikutnya perlu Anda siapkan adalah kemantapan hati untuk beribadah. Ingat, tujuan utama Anda pergi umroh adalah untuk menunaikan ibadah dan bukan yang lainnya. Gimana? Apakah Anda sudah siap untuk berangkat umroh?

Ada yang bisa FIONA bantu? →