Artikel

Ini Beda Ongkos Naik Haji Plus dengan Haji Reguler, Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

19 October 2020 | 11:47 WIB

Berangkat haji pastinya menjadi impian seluruh umat Muslim. Sayangnya, keadaan pandemi membuat keberangkatan haji di Indonesia harus berhenti sementara. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mulai bersiap-siap loh! Justru saat-saat ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai mempersiapkan hal-hal seperti perlengkapan sampai biaya haji yang sekiranya Anda perlukan.

Sebelum mulai menabung, tentunya Anda harus tahu biaya yang akan Anda butuhkan. Ada 2 “program” yang bisa menjadi pilihan Anda: keberangkatan Haji Reguler dan Ongkos Naik Haji (ONH) Plus. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya:

  1. Masa tunggu jadwal keberangkatan

Salah satu kelebihan Haji Plus adalah masa tunggu keberangkatannya. Biasanya, Anda diharuskan untuk mengantri untuk jadwal keberangkatan Haji Reguler. Perlu Anda ketahui, waktu menunggu keberangkatan ini bisa mencapai 15 tahun. Dengan Haji Plus, Anda bisa mengantri dengan waktu yang lebih singkat. Jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menunaikan ibadah haji.

        2. Fasilitas

Dengan bergabung bersama layanan Haji Plus Anda bisa mendapatkan beberapa fasilitas tambahan. Salah satu fasilitas tersebut adalah lokasi penginapan yang lebih dekat ke Masjidil Haram. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akomodasi dengan kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan Haji Reguler.

        3. Bimbingan

Baik program Haji Reguler maupun Haji Plus akan memberikan bimbingan bagi Anda selama menjalankan ibadah haji. Namun, Anda akan mendapatkan bimbingan yang lebih intensif dan eksklusif bila Anda bergabung bersama program Haji Plus.

        4. Biaya

Selain beda fasilitas, tentu saja kedua program haji ini mempunyai perbedaan biaya. Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengikuti program Haji Plus jika dibandingkan dengan Haji Reguler. Karena itu, jika Anda berniat untuk berangkat haji menggunakan layanan Haji Plus Anda mungkin harus menabung dengan waktu yang lebih lama. Hal ini adalah salah satu kekurangan Haji Plus.

 

Soal biaya, Anda tidak perlu pusing! Anda bisa ikut pembiayaan haji dari AMITRA. Dengan AMITRA, Anda bisa berangkat haji dulu dan baru melakukan pelunasan setelah Anda kembali. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengajukan pembiayaan haji hanya dengan membawa KTP dan KK. Praktis kan?

Ada yang bisa FIONA bantu? →