Artikel

Perhatikan 5 Hal ini sebelum beli motor pertama! 

30 March 2022 | 14:25 WIB

Sepeda motor adalah salah satu pilihan alat transportasi bagi berbagai kalangan yang praktis digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari dan sering kali menjadi kendaraan pertama yang dimiliki saat seseorang cukup umur. Namun terkadang sulit menentukan motor seperti apa yang cocok sebagai motor pertama karena banyaknya pilihan jenis, model, fitur yang ditawarkan.

Perhatikan 5 Hal ini sebelum membeli motor pertama Anda


1.    Pastikan Anda sudah cukup umur dan memiliki SIM C 
(Surat Ijin Mengemudi Kendaraan Roda Dua)
Sesuai dengan peraturan pemerintah, syarat kepemilikan motor adalah minimal berumur 17 tahun dan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Sedangkan untuk mengendarai motor diwajibkan memiliki SIM C.

2.    Tentukan kebutuhan Anda 
Seberapa sering Anda akan memakai motor dan seberapa jauh jarak yang akan ditempuh menggunakan motor tersebut dapat menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan motor. Bila akan sering digunakan untuk jarak jauh, maka motor yang irit bensin menjadi faktor yang penting. 
Selain itu rute jalanan yang akan rutin dilalui juga harus diperhatikan, bila akan sering melewati bukan hanya jalanan aspal yang rata tentu motor dengan ground clearance yang rendah kurang cocok.

3.    Tipe transmisi motor
Setelah memastikan kebutuhan Anda, pertimbangkan tipe-tipe motor berdasarkan jenis transmisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.
Terdapat 4 jenis transmisi motor yang digunakan sehari-hari: Tipe Manual, Tipe semi otomatis, dan Tipe transmisi otomatis yang terbagi menjadi dua macam CVT (Continuous Variabel Transmission) dan DCT (Dual Clutch Transmission). Motor jenis Cub menggunakan transmisi semi otomatis, motor jenis Sport menggunakan transmisi Manual, sedangkan motor jenis Matic menggunakan transmisi otomatis.
Pilihlah tipe yang mudah digunakan oleh pengendara pemula.

4.    Tentukan model yang sesuai dengan selera pribadi dan proporsi tubuh
Cari tahu model yang cocok dengan selera Anda dan pastikan ukuran motor tersebut proporsional dengan tubuh Anda. Karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan selama Anda berkendara. 

5.    Ketersediaan Suku cadang dan perawatan
Setelah menentukan pilihan berdasarkan 4 point di atas, jangan lupakan juga tentang perawatan motor tersebut. Frekuensi pemakaian yang tinggi tentu akan mempengaruhi frekuensi perawatan rutin serta kebutuhan suku cadang motor tersebut. 
Bagaimana sudah siap punya Motor pertama mu? Ajukan MOTOR HONDAmu bersama FIFASTRA www.fifgroup.co.id/fifastra  
 

Ada yang bisa FIONA bantu? →