Articles

Biaya Sekolah Setiap Tahun Meningkat, Perhatikan Tips Berikut untuk Mempersiapkannya

09 August 2021 | 14:47 WIB

    Membesarkan anak hingga ke tahap pendidikan perkuliahan pasti menjadi impian setiap orang tua. Anda harus menyiapkan dana pendidikan anak yang dirancang secara matang karena kini biaya pendidikan kian mahal. Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk pendidikan terbaik anak Anda? Artikel ini bisa membantu Anda untuk merancang dana.

    Pertama Anda harus mengumpulkan informasi detail mengenai kira-kira sekolah mana yang akan Anda dan anak Anda pilih, tentunya seputar biaya yang dibutuhkan mulai dari masuk tahun ajaran hingga lulus. Untuk biaya sekolah tentu ada biaya seperti seragam, uang buku. Bila nantinya anak Anda memasuki masa perkuliahan mungkin Anda membutuhkan lebih banyak biaya, apalagi misalkan anak Anda merantau mungkin dibutuhkan biaya ekstra seperti biaya kost juga kebutuhan harian.

    Biaya pendidikan yang berubah-ubah juga mungkin tidak bisa diprediksikan, tetapi Anda harus melakukan perencanaan yang matang. Pendidikan bisa Anda masukan ke dalam skala prioritas manajemen keuangan keluarga. Buatlah list laporan keuangan keluarga Anda, jadi Anda bisa mengurangi biaya yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan.
    
    Kini banyak orang tua yang melakukan investasi dana pendidikan. Anda perlu belajar terlebih dahulu sebelum berinvestasi agar tidak mengalami kerugian. Teliti sebelum berinvestasi sangat penting ya. Anda bisa mencoba investasi dengan risiko kecil seperti investasi emas.

    Bila Anda masih ragu untuk berinvestasi Anda harus disiplin dalam menabung biaya pendidikan ini, mengingat pendidikan akan berlangsung bertahun-tahun lamanya. Menabung cocok untuk Anda yang memiliki pemasukan tetap setiap bulannya. Akan terasa sulit bila Anda kurang mantap dalam disiplin menabung karena banyaknya kebutuhan harian yang harus dipenuhi. Program menabung dengan sejumlah bunga mungkin bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda untuk menyiapkan dana pendidikan buah hati tercinta.

    Tidak sedikit orang tua juga yang bekerja sambil berbisnis untuk mencari biaya tambahan untuk dana pendidikan anak. Memulai bisnis sendiri juga mungkin bisa sedikit sulit karena dibutuhkan dana lainnya untuk modal usaha di awal, tetapi bila nantinya bisnis Anda sukses, bisnis ini bisa membantu untuk pemasukan lebih yang akan Anda tabung maupun untuk berinvestasi pendidikan anak.

    Di masa sulit seperti ini mungkin akan banyak dana yang diperlukan, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman untuk biaya pendidikan anak tersayang bersama DANASTRA yang akan membantu Anda. Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa mengajukan pinjaman DANASTRA secara online dan tidak perlu ribet lagi. 

Ada yang bisa FIONA bantu? →