Press Release

Astra Financial Gelar Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas Bersama Kementerian Sosial dan Otoritas Jasa Keuangan

17 December 2019 | 15:36 WIB

JAKARTA: Astra Financial melakukan kegiatan sinergis kali pertama yang menggabungkan tiga unsur, yaitu pelaku Industri, regulator, dan pemerintah melalui kegiatan Kerjasama Astra Financial dengan Kementerian Sosial dan Otoritas Jasa keuangan (OJK) dengan memberikan literasi dan inklusi keuangan bagi Penyandang Disablitas.

Astra Financial bersama 11 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di dalamnya senantiasa meningkatkan kontribusi terhadap literasi dan inklusi keuangan untuk konsumen dan masyarakat. 11 perusahaan yang tergabung dalam Astra Financial adalah ACC, TAF, Asuransi Astra, PermataBank, FIFGROUP, Astra Life, SANFinance, Komatsu Astra Finance, Astra Ventura, Dana Pensiun Astra, Astra Welab Digital Artha (AWDA) memiliki kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) masing-masing yang meliputi 4 bidang , yaitu: pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kegiatan literasi dan inklusi ini merupakan wujud kegiatan dari pilar Pendidikan. Dan pada kesempatan ini Astra Financial bersinergi bersama Kementerian Sosial dan Otoritas Jasa Keuangan.

Berlangsung di Balai Besar Rahabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas, Cibinong, 16 Desember 2019. Astra Financial turut bersinergi Sebagai wujud dukungan terhadap Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk mendorong implementasi POJK No 76/POJK.7/2016 tentang literasi dan inklusi keuangan serta mendukung UUD No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas yang isinya menjelaskan “Bahwa Perusahaan Swasta Wajib Mempekerjakan paling sedikit 1% (satu persen) penyandang disabilitas dari jumlah karyawan”.

Terkait dengan implementasi bahwa perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1% dari jumlah karyawan, Astra Finansial sudah mengimplementasikan dengan total 34 orang karyawan disabilitas  berkerja di lingkungan Astra Financial.

Acara ini melibatkan 100 orang binaan Balai Besar Rahabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas. “Kami menerima dengan baik kunjungan dari Astra Financial hari ini. Literasi dan inklusi keuangan yang diberikan kepada para binaan kami dapat dijadikan bekal mereka di kemudian hari, khususnya dalam pengaturan keuangan” ujar Manggana Lubis – Kepala Balai Besar Rahabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas. Pada acara ini juga dilaksanakan peresmian “Ruang Astra Financial” yang merupakan persembahan dari Astra Financial untuk dipakai Balai Besar Rahabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas sebagai ruang pertemuan. 

Director Astra & Director In Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan Astra Financial akan terus senantiasa mendorong inklusi dan literasi keuangan khususnya untuk kalangan disabilitas, dan semakin intensif dilakukan oleh LJK yang tergabung dalam Astra Financial. Sejalan dengan Peraturan Pemerintah RI No 59 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang lebih dikenal sebagai Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs yang mencakup 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi “Semoga kerjasama antara Astra Financial, BBRVPD yang dinaungi Kementerian Sosial dan OJK semakin kuat kedepannya, untuk bersama sama membangun Keterampilan dan keahlian dalam pekerjaan bagi kalangan disabilitas agar menjadi mandiri dan professional serta mampu bersaing di dunia kerja, sehingga membantu mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” kata Suparno Djasmin.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Yulian Warman

Koordinator Komunikasi Astra Financial

P : +62 815-1052-2237

E : yulian.warman@fifgroup.astra.co.id

W: www.astrafinancial.co.id/giias

 

Tentang Astra Financial

Astra Financial bermula ketika tahun 1981 Astra International Tbk. membeli saham mayoritas PT. Maskapai Asuransi Buana atau Asuransi Astra yang didirikan pada 1957. Seiring dengan perkembangan usahanya, Astra Financial saat ini memiliki beberapa lembaga jasa keuangan yang terdiri dari Pembiayaan, Asuransi, Perbankan, Modal Ventura, Dana Pensiun dan Teknologi Keuangan.

11 lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial, antara lain:

  • ACC merek dari PT Astra Sedaya Finance yang menawarkan pembiayaan mobil segala merek. 
  • TAF merek dari PT Toyota Astra Financial Services yang menawarkan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus.
  • Asuransi Astra merek dari PT Asuransi Astra Buana yang menawarkan produk dan layanan asuransi umum berupa perlindungan asuransi kendaraan bermotor (Garda Oto dan Garda Motor), kesehatan (Garda Medika) dan usaha komersial.
  • PermataBank merek dari PT Bank Permata Tbk yang menawarkan rangkaian produk dan jasa perbankan yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan nasabah individu dan keluarga, serta memberikan layanan bagi nasabah korporasi dan institusi. 
  • FIFGROUP merek dari PT Federal International Finance yang merupakan pembiayaan sepeda motor merek Honda (FIFASTRA) dan beragam pembiayaan konsumen. 
  • Astra Life merek dari PT Astra Aviva Life yang menyediakan produk asuransi jiwa yang komprehensif berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).
  • SANFinance merek dari PT Surya Artha Nusantara Finance yang fokus usahanya pada pembiayaan alat berat.   
  • Komatsu Astra Finance (KAF) dari PT Komatsu Astra Finance yang menyediakan solusi pembiayaan alat berat merek Komatsu di Indonesia dan produk pendukungnya yang dipasarkan oleh PT United Tractors Tbk. (UT).
  • Astra Ventura merek dari PT Astra Mitra Ventura yang menyediakan fasilitas pembiayaan dan penyertaan modal yang disertai dengan aktivitas pendampingan kepada Debitur dan  Pasangan Usaha.   
  • Dana Pensiun Astra yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti untuk Karyawan Astra  
  • Maucash merek dari PT Astra Welab Digital Arta (AWDA) menawarkan produk pinjaman yang dapat diakses melalui aplikasi mobile kepada konsumen ritel dan juga menyediakan solusi finansial berbasis teknologi kepada konsumen korporasi.

Ada yang bisa FIONA bantu?