Press Release

AMITRA Gelar “Gebyar AMITRA Sambut Ramadhan” di Aceh

24 March 2022 | 19:12 WIB

Banda Aceh – AMITRA yang merupakan brand Unit Usaha Syariah (UUS) PT Federal International Finance (FIF) pada operasional bisnisnya di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darusallam (NAD) menghadirkan kegiatan pameran sebagai ajang literasi dan inklusi pembiayaan syariah untuk masyarakat Banda Aceh pada mulai hari ini Kamis, 24 Maret 2022 hingga Kamis, 31 Maret 2022 yang diselenggarakan di depan Kantor AMITRA Cabang Banda Aceh Jalan Dr. Mr. Mohammad Hasan No.3-4, Blang Cut, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh.

Bertemakan “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan”, kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian penyambutan bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah yang jatuh pada bulan April 2022. Pada kegiatan peresmian ini, turut hadir juga meramaikan acara tersebut Kepal Sub-Bagian (Kasubbag) Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Moishe Sofian AS, Ketua Dewan Syariah Aceh (DSA), Dr. Zaky Fuad Chalil, Anggota Dewa Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Ansyari Muhammad, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Sabri Badruddin, dan President of Indonesian Marketing Association (IMA) Chapter Aceh, Iskandar Syah.

Dari pihak tuan rumah hadir Direktur Human Capital (HC), General Support (GS), and Corporate Communication (CorComm) PT FIF, Sri Harjati dan Direktur Finance PT FIF, Hugeng Gozali beserta jajaran management AMITRA.

Pada kesempatan itu, Sri Harjati menyampaikan bahwa peresmian ini sebagai dukungan AMITRA untuk memberikan literasi dan inklusi pembiayaan syariah yang juga menjadi ajang memperkenalkan branding AMITRA sebagai Unit Usaha Syariah (UUS) FIFGROUP sekaligus kegitan menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah di wilayah NAD. 

“Melalui peresmian ini kami ingin memperkenalkan brand AMITRA pada operasional bisnis FIFGROUP dan juga dalam rangka menyambut bulan Suci Ramdhan 1443 H di wilayah NAD. Seluruh operasional pembiayaan yang kami lakukan telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan diawasi secara langsung oleh OJK dan DSA. Melalui peresmian ini juga kami harapkan seluruh masyarakat mendapatkan edukasi mengenai literasi dan inklusi pembiayaan syariah yang sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah NAD atas kebijakan penerapan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah,” kata Sri Harjati.

Dukungan Penuh

Transformasi seluruh operasional bisnis FIFGROUP di Aceh dengan memperkenalkan AMITRA sebagai branding produk mendapatkan dukungan penuh dari OJK. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Moishe Sofian.

“Kami sangat mendukung hadirnya kegiatan pameran “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan”  dan transformasi bisnis FIFGROUP menggunakan brand AMITRA. Hal ini dikarenakan kegiatan ini align dengan tujuan OJK yang juga terus mendorong literasi dan inklusi masyarakat Aceh mengenai ekonomi syariah khususnya tentang pembiayaan syariah,” kata Moishe.

Lebih lanjut, kata Moishe, Aceh menjadi wilayah dengan tingkat inklusi ekonomi syariah sebesar 86% melebihi tingkat inklusi nasional yang hanya mencapai kurang lebih 70%. Secara literasi, walaupun tetap menjadi yang tertinggi di nasional, tingkat literasi yang dicapai hanya 44%. Untuk itu kami sangat mendorong penuh dengan inisiatif baik AMITRA dalam melaksanakan kegiatan ini. Apalagi, ungkap Moishe, “Saya juga dengar kemarin AMITRA melakukan literasi keuangan ke sekitar 30-an pimpinan media di Aceh tentang pembiayaan syariah beserta produk-produknya AMITRA.”

Senada dengan OJK, Ketua DSA, Dr. Zaky Fuad Chalil juga memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan pameran “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan”. 

“Keputusan pemerintah daerah sudah final bahwa seluruh jasa keuangan harus bertransformasi menggunakan prinsip syariah, FIFGROUP merespon baik hal tersebut dengan menggunakan branding AMITRA pada operasionalnya. Tentunya kami sangat mendukung AMITRA untuk bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi syariah di Aceh,” tutur Zaky.

Program Pameran
Pada ajang pameran ini juga AMITRA menawarkan beragam solusi pembiayaan syariah yang bisa didapatkan oleh seluruh customer di kota Banda Aceh. Untuk lini bisnis pembiayaan sepeda motor baru Honda, AMITRA menawarkan program spesial berupa potongan harga sebesar Rp 2 juta untuk jangka waktu pembiayaan 24, 30, dan 36 bulan.

Program ini dapat diakses bagi masyarakat Banda Aceh yang ingin mewujudkan impiannya memiliki sepeda motor baru Honda tipe Beat, Scoopy, Genio, ADV, dan Vario 125 dan berlaku selama 4 hari pada tanggal 24-27 Maret 2022 dan dapat diakses di booth pameran Kantor Cabang Banda Aceh.

Selain pembiayaan sepeda motor baru Honda, untuk layanan bisnis pembiayaan multiguna AMITRA juga menawarkan program spesial berupa promo hadiah AstraPay sebesar Rp 200 ribu dan Hadiah Sajadah untuk setiap transaksi dengan nilai pengajuan di atas Rp 8 juta untuk repeat order customer dan minimal Rp 5 juta untuk new customer. Program menarik ini bisa didapatkan pada tanggal 24-25 Maret 2022 di seluruh Kantor Cabang AMITRA di Aceh.

Bagi customer yang ingin mewujudkan impiannya untuk memiliki produk elektronik, gadget, dan perabotan rumah tangga juga berkesempatan mendapatkan penawaran program menarik berupa potongan angsuran sampai dengan Rp 500 ribu dengan potongan jangkauan waktu pembayaran sebanyak 1 kali. Selain itu, customer juga berkesempatan mendapatkan potongan biaya admin sebesar Rp 100 ribu dengan beragam hadiah yang bisa didapatkan secara langsung.

Program penawaran ini adalah bagian dari program Festival Ramadha SPEKTRA yang akan berlangsung selama 8 hari pada tanggal 24-31 Maret 2022.

Untuk lini bisnis pembiayaan Umrah, Haji, dan Logam Emas Mulia, AMITRA menawarkan program spesial potongan angsuran hingga Rp 146 ribu setiap bulannya yang dapat diakses pada tanggal 24-31 Maret 2022. Program ini ditujukan untuk customer yang ingin menunaikan ibadah Umrah dan Haji.

Sementara itu, untuk logam emas mulia, AMITRA menawarkan potongan angsuran sebesar Rp 208 ribu setiap bulannya yang bisa didapatkan oleh customer yang melakukan pengajuan untuk jangka waktu pembiayaan selama 60 bulan. Tentunya ini menjadi kesempatan bagus bagi seluruh customer di wilayah Aceh untuk bisa melakukan investasi melalui logam emas mulia.

Seluruh program tersebut sudah dapat diakses sejak dilakukannya ceremonial pemotongan pita peresmian “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan” dalam rangka peresmian kegiatan pameran tersebut dan menggunakan akad Murabahah pada kontraknya. 


Bantuan ke 3 Yayasan


Tidak hanya promo, sebagai bentuk pelaksanaan program berkelanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, AMITRA melakukan penyerahan bantuan sosial kepada Yayasan SOS Children Aceh, Meunasah Blangcut, Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 45 juta.

Tidak hanya itu, dalam rangka menyambut ulang tahun FIFGROUP yang ke-33, dalam rangkaian kegiatan Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan, juga dilakukan kegiatan pelestarian lingkungan melalui program Tanam Pohon pada rangkaian program Tanam 33.000 Pohon sepanjang 2022 se-Indonesia. Untuk di wilayah Aceh, AMITRA akan melakukan penanaman 3.300 pohon, di mana kick off pelaksanaan kegiatan tanam pohon sudah dilakukan di lokasi Cabang Langsa pada bulan Januari 2022 sebanyak 200 bibit pohon.

Kepala Wilayah AMITRA Provinsi Aceh, Sujatmiko, mengatakan : “Bahwa AMITRA Aceh akan komit untuk menghijaukan bumi Nanggore Aceh Darusallam secara bertahap dari tahun ke tahun.”

Ada yang bisa FIONA bantu? →